Indonesia merupakan Negara yang dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah, juga keragaman dan kekayaan suku bangsa, budaya, adat istiadat yang membuat iri Negara lain. Namun disamping itu, Indonesia juga memiliki ragam kuliner yang sangat enak dan terkenal, dari setiap daerah memiliki ciri khas kuliner baik itu yang memiliki rasa asin ataupun manis. Resep makanan tradisional ini telah diwariskan dari nenek moyang hingga kini masih tetap terjaga dengan baik, bahkan penggemar kuliner tradisional kini tidak kalah dengan makanan modern.

Sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita melestarikan budaya bangsa ini dan salah satunya adalah dari makanan khas daerah atau makanan tradisional. Selain gemar untuk menyantap makanan khas Indonesia, kita juga mesti mengenal bahkan bisa membuatnya. Adapun resep yang bisa anda coba kali ini adalah resep makanan tradisional kue cenil, yaitu :

Pertama yang harus dipersiapkan adalah bahannya terlebih dahulu seperti :

  • Tepung kanji sebanyak 400 gr
  • Garam 1 sdm
  • Air 215 ml
  • Daun pandan 10 lb
  • Kelapa yang telah diparut
  • 2 lt air
  • Gula pasir dari Gulaku, penggunaan Produk gulaku ini sangat penting karena terbuat dari bahan gula yang asli sehingga rasa dan aroma tetap terjaga.

Adapun cara pembuatannya yaitu:

  1. Larutkan tepung kanji ke dalam setengah liter air lalu aduk sampai tercapur merata
  2. Didihkan 2 lt air dengan campuran garam namun dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukan adonan tepung kanji tersebut ke dalam air yang direbus dan diaduk sampai adonan mengental. Jika sudah dirasa cukup mengental, maka angkat dan tiriskan.
  3. Setelah adonan agak dingin, maka aduk adonan tersebut sampai benar-benar kental. Bahkan jika perlu tambahkan tepung kanji sedikit lalu bagi adonan menjadi 3 bagian. Lalu setiap bagian diberi pewarna sesuai keinginan.
  4. Jika sudah siap, maka adonan tersebut dibuat memanjang dan dipotong dalam bentuk panjang ataupun dadu, kemudian didihkan air dengan campuran pandan dan garam serta masukan adonan yang telah dipotong tadi.
  5. Angkat adonan dan masukan ke dalam parutan kelapa maka kue cenil sia untuk dihidangkan.

Itulah cara membuat makanan tradisional kue canil yang bisa anda coba praktikan di rumah. Namun untuk menjaga rasa tetap sesuai dengan resep warisan, maka anda mesti menggunakan gula dari gulaku yang sudah terbukti keasliannya. Ada banyak varian produk gulaku yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dari mulai gula pasir kasar ataupun halus.

Kategori: Resep